Kamis, 18 Juli 2013

Monografi Potensi Desa Patemon



Luas lahan yang ada terbagi ke dalam beberapa wilayah yang diperuntukkan dan dikelompokkan sebagai fasilitas umum, pemukiman, persawahan, kuburan, pekarangan, dan prasarana umum lainnya. Luas lahan yang diperuntukkan untuk pemukiman adalah 91,268 ha. Luas lahan yang diperuntukkan untuk pertanian sawah irigasi adalah 363.015 ha, luas lahan untuk kuburan adalah 2000 ha, luas lahan untuk pekarangan 218.000 ha, serta luas prasarana umum lainnya 12.017 ha. (PROFIL DESA PATEMON 2010).

Wilayah Desa Patemon secara umum mempunyai ciri geologis berupa tanah yang hitam sangat cocok untuk lahan pertanian. Berdasarkan data yang ada, tanaman yang dapat ditanam antara lain : padi, jagung, kacang tanah, kacang panjang, umbi-umbian, kopi, tebu, dan laos,  sedangkan untuk tanaman buah-buahan antara lain : mangga, rambutan, jeruk, kelapa, coklat, salak, pisang, pepaya, dan jambu.

   Secara administratif Desa Patemon yang terletak di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kramat Sukoharjo, sebelah barat berbatasan dengan Desa Pondok Dalem, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tanggul Kulon, dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Manggisan.

Jarak tempuh Desa Patemon dengan kecamatan adalah 1 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibukota kabupaten adalah ±30 km yang dapat ditempuh dengan waktu  sekitar 1  jam.

Jarak tempuh Desa Patemon dengan kecamatan adalah 1 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibukota kabupaten adalah ±30 km yang dapat ditempuh dengan waktu  sekitar 1  jam.

            Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2010, jumlah penduduk Desa Patemon adalah terdiri dari 3012 KK, dengan jumlah total 10.026 jiwa, dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 4957 orang  dan jumlah perempuan sebanyak 5069 orang.

Berikut kondisi sosial budaya Desa Patemon :

1. Kependudukan
Jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki yaitu sebesar 51 % perempuan dan 49% laki-laki.

2. Kesejahteraan
Jumlah KK miskin KK sedang dan KK kaya lebih banyak KK miskin dengan presentase KK miskin 47% , KK sedang 35% , dan KK kaya 18%

3. Pendidikan
Mayoritas Desa Patemon sadar akan pentingnya pendidikan.

4. Mata Pencaharian
Masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian lebih banyak daripada masyarakat yang memiliki lahan pertanian hal tersebut mengakibatkan masyarakat Desa Patemon yang ber profesi sebagai buruh tani lebih banyak daripada petani.

5. Agama
Mayoritas penduduk Desa Patemon beragama Islam.

0 komentar :

Posting Komentar